Popular Posts

Wednesday, October 24, 2012

Membangun Cinta Abadi

Sukses dalam cinta dan perkawinan tergantung pada berbagai hal. Ada beberapa cara-cara sederhana dan praktis untuk membantu menguatkan hubungan dan mulai membangun cinta abadi.

1. Jadi cheerleader hubungan
Jadi cheerleader utama bagi pasangan anda. Support pasangan anda dengan segala cara yang bisa anda lakukan. Biarkan pasangan anda tahu, betapa pentingnya dia untuk anda dan untuk seluruh dunia.

2. Belajar kompromi
Kompromi adalah bagian dari hidup sehari-hari dalam perkawinan. Diskusikan bagaimana cara anda berdua membuat keputusan. Buat rencana untuk mengatasi atau menyelesaikan masalah penting sehingga anda dan pasangan menemukan solusi yang disetujui bersama.

3. Berbagi beban
Pikul beban perkawinan dengan 4 bahu, bukan hanya dengan 2 bahu. Belajar merasakan kapan pasangan anda perlu bantuan, bahkan ketika dia tidak memintanya.

4. Komunikasi terus-menerus
Pasangan harus bicara tentang segala sesuatu, apa saja. Dalam perkawinan sukses tidak ada rahasia.

5. Tinggalkan kemarahan di luar kamar tidur
Jangan pernah tidur dalam keadaan marah. Bicara dulu dan selesaikan segala seuatu sebelum tidur. Meskipun akan tidur larut malam, tapi anda dan pasangan sudah menyelesaikan masalah.

6. Jangan dikuasai emosi
Kendalikan emosi ketika mendiskusikan masalah sensitif. Jangan biarkan emosi anda menghambat pentingnya bicara secara terbuka tentang segala sesuatu.

7. Jadikan perilaku kasih sayang sebagai kebiasaan
Hubungan yang sukses adalah hubungan saling cinta dan saling respek. Jadikan kebiasaan untuk selalu memperlakukan pasangan dengan cara seperti anda ingin diperlakukan.

8. Beri kebebasan kepada pasangan untuk jadi diri sendiri
Pasangan anda adalah individual yang kompleks dengan banyak minat, ide, hasrat, kebiasaan, dan pengalaman.

9. Beri waktu sendiri kepada pasangan anda
Jangan cemburu atau marah ketika orang yang anda cintai perlu menyendiri. Ingat, bahwa kebutuhan absolut untuk privasi dan waktu menyendiri adalah kebutuhan fundamental dari semua makhluk hidup.

10. Bantu pasangan anda untuk sehat
Pasangan suami istri paham bahwa merawat diri sendiri saja tidak cukup. Mereka harus meningkatkan kesehatan pasangan juga, perlu saling perhatian tentang kesehatan dan dorongan untuk minum obat secara tepat, medical check-up tahunan dan mendaptkan kecukupan tidur dan olahraga.

11. Tertawa yang menyenangkan bersama
Sering-sering senyum dan tertawa bersama. Senyum adalah ekspresi paling sederhana dengan efek terbesar.

12. Selalu gandengan tangan
Saling sentuh satu sama lain berkali-kali dalam sehari adalah norma perkawinan yang sukses.

13. Kirim surat cinta
Kirim surat cinta atau e-mail romantis kepada pasangan anda. Lakukan di saat paling tak diduga, beri dia kejutan.

14. Bicara dulu dengan pasangan sebelum membeli sesuatu yang mahal

15. Berbagi uang
Dalam perkawinan, masalah uang bukanlah "uang kamu dan uang saya", dalam perkawinan yang sukses uang adalah "uang kita". Jadi keluarga dengan 1 rekening dan jadi tim dalam urusan keuangan. Bayar semua tagihan bersama, tidak berarti anda berdua harus duduk bersama untuk membayar tagihan, tapi artinya anda berdua perlu tahu persis uang dikeluarkan untuk apa, apa sja yang sudah dibayar dan apa komitmen keuangan anda.

(Sumber: Building a love that last: The seven surprising secrets of successful marriage oleh Dr. Charles D. Schmitz dan Dr. Elizabeth A. Schmitz)

No comments:

Post a Comment